Event Khusus

TIM KOMURINDO ELEKTRO LOLOS TAHAP I

diposting pada tanggal 22 Jun 2016 23.56 oleh Ahmad Chamsudin

Berdasarkan hasil seleksi tahap I atau seleksi administrasi proposal calon peserta Kompetisi Muatan-roket dan Roket Indonesia (KOMURINDO), yang dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2014, TIM Komurindo UMS dinyatakan lolos seleksi tahap I. Selanjutnya diharapkan semua tim yang proposalnya dinyatakan lolos seleksi tahap I segera membuat muatan-roket dan roket EDF rancangannya.
Kami sampaikan bahwa seleksi tahap II calon peserta akan didasarkan pada butir-butir berikut :
  1. Laporan dalam bentuk presentasi power point (softcopy).
  2. Foto-foto yang mencakup : Muatan-roket, Roket EDF dan anggota tim dengan latar belakang perguruan tinggi masing-masing.
  3. Video harus memuat hal-hal sebagai berikut :
    a. Tim Muatan-roket Video yang menunjukkan pengujian Muatan-roket di Laboratorium, pengujian dianjurkan dilakukan dengan mengambil tema seperti yang tercantum dalam Panduan.
    b. Tim Roket EDF Video yang menunjukkan pengujian Roket EDF di Laboratorium, tampilan User Interface, serta sistem peluncur roketnya.
  4. Durasi video maksimum 5 menit. (Video tidak diperbolehkan dalam Format 3gp)
    Seluruh bahan untuk seleksi tahap II meliputi butir 1 sampai 4 dimasukkan dalam Flashdisk/SD Card, dikirim ke Ditlitabmas dengan alamat sebagai berikut :
    Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,
    Kepala Sub Direktorat Kreativitas dan Pengabdian
    kepada Masyarakat (KPM)
    Gedung DIKTI lantai 4,
    Jl. Jenderal Sudirman Pintu Satu Senayan, Jakarta Pusat.10270
    Dokumen yang dikirim harus sudah diterima panitia paling lambat tanggal 13 Maret 2014.

Untuk pelaksanaan kompetisi perlu kami informasikan bahwa:

  • Transportasi tim peserta dari/ke tempat asal ke lokasi kompetisi ditanggung oleh Perguruan Tinggi masing-masing
  •  Panitia akan menanggung akomodasi dan konsumsi untuk 3 mahasiswa dan 1 pembimbing selama pelaksanaan kompetisi.
  • Tim peserta diwajibkan mengikuti workshop roket yang jadwalnya ditentukan kemudian

Workshop Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

diposting pada tanggal 22 Jun 2016 23.54 oleh Ahmad Chamsudin

Kamis, 9 Juni 2016, bertempat di Auditorium Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Bagmawa bersama dengan PRISMA mengadakan Workshop Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bagi dosen dan mahasiswa UMS. Acara yang dihadiri oleh Wakil Dekan 3 tiap fakultas, kaprodi, sekprodi, dosen, mahasiswa aktivis UKM Bidang Penelitian dan Mahasiswa perwakilan HMP serta Mahasiswa umum ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas PKM UMS dengan harapan meraih pendanaan sekaligus menembus Pimnas.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber pertama Dr. Med. dr. Indwianti Astuti yang merupakan salah satu Reviewer PKM Dikti. Dosen Fakultas Kedokteran UGM yang kerap disapa Ibu Ani ini mempresentasikan mengenai “Terobosan Kebijakan Universitas, Fakultas dan Progdi dalam Meraih Pendanaan PKM”. Selanjutnya, materi kedua mengenai “Kiat dan Strategi Menyusun Proposal PKM yang Berkualitas” disampaikan oleh Onny Setiani, Ph.D, dosen FKM Undip yang juga merupakan salah satu Reviwer PKM Dikti. Kegiatan yang dihadiri sekitar 200 peserta ini juga menghadirkan sesi Review dan Coaching Clinic di akhir acara.
Sumber Berita: http://bagmawa.ums.ac.id/berita-impian-meraih-pimnas-workshop-pkm-bagi-dosen-dan-mahasiswa-ums.html#ixzz4CH1VCz3u

FGD Tokoh Muhammadiyah dan UMS

diposting pada tanggal 22 Jun 2016 23.51 oleh Ahmad Chamsudin

Bp. Dr. Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah menghadiri Focus Group Discussion (FGD) di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) hari ini (Sabtu, 5 Maret 2016). Acara FGD mengambil tema “Muhammadiyah dalam Pergulatan Masyarakat Modern.” FGD dimaksudkan untuk menjaring dan menghimpun pemikiran dari tokoh-tokoh Muhammadiyah. Hasilnya akan ditulis dalam bentuk buku.

FGD hari ini menampilkan dua narasumber yaitu Prof. Dr. Bambang Setiaji yang juga merupakan Rektor UMS dan Bp. Dr. Haedar Nashir. Bp Bambang menekankan paparannya pada bagaimana mengembangkan Muhammadiyah menggunakan sistem kloning. Sistem kloning dapat diterapkan pada pengembangan komitmen keanggotaan Muhammadiyah melalui sistem pensiun. Selain itu, sistem kloning dapat dilakukan untuk pendirian rumah sakit, sekolah unggulan dan bahkan perguruan tinggi Muhammadiyah.

Paparan dari Bp. Haedar menekankan pada pergulatan Muhammadiyah dalam kancah kehidupan kenegaraan, kebangsaan dan masyarakat modern di waktu-waktu terakhir. Selain itu bp. Haedar mengupas sejarah pendirian Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam konteks upaya reformasi dan pembaharuan (mujaddid) gerakan dakwah modern oleh Ahmad Dahlan dan istrinya. “Dahlan adalah reformis karena tiga hal yaitu pembaharuan sosial, gerakan dakwah, dan gerakan politik non-patisan,” ungkap Haedar.

Menurut Bp. Haedar, Muhammadiyah adalah gerakan puritan yang modern. Gerakan ini ingin mengembalikan Islam seperti ketika diturunkan kepada Nabi namun pemikiran yang dikembangkan adalah pemikiran modern. Tak jarang adopsi pemikiran modern menghasilkan gagasan yang liberal. Konsep gerakan seperti ini yang dikenal dengan istilah Islam Berkemajuan.

Acara FGD diselenggarakan oleh Sekolah Kebangsaan dan Kewirausahaan. Sekolah ini adalah lembaga baru di UMS yang saat ini dipimpin oleh Bp. Dr. Nurgiyatna. Puluhan dosen UMS hadir dalam kegiatan ini termasuk pimpinan Fakultas dan Lembaga di UMS (htr).

Peringkat UMS di Asia versi QS

diposting pada tanggal 22 Jun 2016 23.49 oleh Ahmad Chamsudin

Universitas Muhammadiyah Surakarta dinobatkan sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia oleh Quacquarelli Symonds. Fakta ini terungkap dari daftar perguruan tinggi terbaik se-Asia yang dirilis oleh lembaga pemeringkat tersebut pada bulan Juni 2016. Rilis bertajuk QS University Ranking: Asia 2016 dibuat berdasarkan hasil survei peringkat universitas Asia 2016.

“Empat perguruan tinggi negeri bertengger sebagai empat universitas terbaik di Indonesia dalam riset 11 universitas terbaik Indonesia 2016 dari Quacquarelli Symonds. Uniknya, Universitas Muhammadiyah Surakarta mampu mengalahkan Universitas Brawijaya Malang.” ungkap Sutarno dari Bisnis.com.
Penentuan peringkat 11 universitas terbaik Indonesia didasarkan pada peringkat universitas di Indonesia di kancah peringkat Asia. Hasilnya, 11 perguruan tinggi terbaik Indonesia 2016 secara berturut-turut adalah: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Brawijaya, dan Universitas Bina Nusantara.
Peringkat UI, ITB, UGM meningkat signifikan. Peringkat UI meningkat dari 79 tahun lalu menjadi 67, ITB melejit dari 122 ke 86, dan UGM dari 137 ke 135. Dua universitas negeri lain yang mengalami lompatan peringkat adalah IPB dari 211-220 ke 190 dan Undip dari 261-270 ke 231-240. Ada pun universitas negeri yang mengalami penurunan peringkat secara drastis adalah Universitas Padjajaran dari 168 ke 199.
“Perguruan tinggi lain yang masuk peringkat tahun ini adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Muhammadiyah Surakarta di kelompok peringkat 251-300 serta Universitas Brawijaya dan Universitas Bina Nusantara di kelompok peringkat 301-350,” tulis laporan bertajuk QS University Rankings: Asia 2016 tersebut. Peringkat UMS tahun 2016 bertahan di angka 8 dibanding peringkat tahun sebelumnya (2015). Pada tahun lalu, hanya terdapat 9 universitas Indonesia dalam pemeringkatan QS. Dua universitas baru yang masuk dalam pemeringkatan tahun ini adalah Unpad dan Binus.

BEASISWA CAHAYA PINTAR

diposting pada tanggal 22 Jun 2016 23.44 oleh Ahmad Chamsudin   [ diperbarui22 Jun 2016 23.47 ]

Untuk mahasiswa S1 semua prodi di UMS, bearada di semester VI, Raihlah segera beasiswa dari PLN dengan nominal 5.000.000,- (Lima juta) per/tahun..info lengkap hubungi Wakil Dekan III Fakultas masing-masing, waktu dan kuota terbatas. Sumber info klik disini .

Sumber Berita: http://bagmawa.ums.ac.id/berita-beasiswa-cahaya-pintar-pln.html#ixzz4CH3Grrmu

Peringatan Nuzulul Qur'an

diposting pada tanggal 12 Okt 2010 09.12 oleh Ahmad Chamsudin   [ diperbarui22 Jun 2016 01.28 ]

Mengundang civitas akademika Universitas Muhammadiyah Surakarta dan masyarakat di lingkungan sekitar kampus UMS untuk menghadiri Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Nuzulul Qur'an besok:
Hari, tanggal : Rabu, 15 Juni 2016
Tempat : Masjid Fadlurrahman (Kampus 1)
Pembicara : Prof. Dr. Amin Rais, M.A
Waktu : 19.00 WIB (Dimulai dengan salat Isya dan Tarawih Berjamaah)
Demikian semoga dapat dijadikan perhatian.

Informasi Beasiswa

diposting pada tanggal 12 Okt 2010 09.10 oleh Ahmad Chamsudin   [ diperbarui22 Jun 2016 23.23 ]

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa penerima beasiswa UMS dan Cahaya Pintar PLN  bahwa, saat ini beasiswa sedang dalam proses. Khusus untuk beasiswa PLN Cahaya Pintar semua penerima sudah dibuatkan rekening oleh Bank Rekanan dan data sudah dikirim oleh Bank ke Lembaga Pemberi Beasiswa,  akan ada pemberitahuan  melalui web ini tentang waktu dan tanggal pencairan beasiswa. terima kasih.


Sumber Berita: http://bagmawa.ums.ac.id/berita-informasi-beasiswa-ums-dan-beasiswa-pln-cahaya-pintar.html#ixzz4CIKx0HiE

1-7 of 7