PROFIL FT


Fakultas Teknik Tahun 2010-2016 Fakultas Teknik yang telah berumur 31 tahun saat ini mempunyai 6 jurusan, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Kimia, dan Teknik Industri. Sebagai suatu lembaga pendidikan tinggi yang ingin mempunyai produk yang unggul:

Visi 

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (FT-UMS) adalah sebagai pusat rujukan Ilmu Pengetahuan - Teknologi dan Seni (IPTEKS), serta memberikan arah perubahan berdasarkan nilai nilai ke-Islaman.,

Misi 

FT-UMS adalah suatu perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi dengan implementasi yang kreatif. Misi FT-UMS adalah (a) mendidik mahasiswa dalam bidang keteknikan dalam lingkungan Islam dan dalam standard lingkungan akademik agar menjadi lulusan yang berkualitas dan beraklak mulia, dan (b) mengembangkan pusat-pusat rujukan keteknikan di jurusan sebagai sarana penelitian dan pelayanan masyarakat serta sebagai sarana peningkatan kesejahteraan akademik bagi jajaran civitas akademika FT-UMS.

Tujuan 

    Pengembangan FT-UMS adalah (a) memantapkan lingkungan akademik yang sejalan dengan pelaksanaan paradigma baru dalam dunia pendidikan tinggi untuk menghasilkan kualitas lulusan yang kompetitif dan berkualitas dengan pengetahuan luas, serta berakhlak kharimah, han’an , jihad, istiqomah, dan ihsan, dan (b) mengembangkan sumber daya manusia staf UMS yang berkualitas dan mampu dalam pembentukan pusat rujukan.

    Sebagai fakultas yang mempunyai identitas dan integritas sendiri, Fakultas Teknik- menggunakan isu strategis “SALA (Study program and student attractiveness, Academic Atmosphere, Labor market, Accountability)” untuk mencapai tujuan menciptakan lulusan yang kompetitif dan relevan di pasar kerja. Isu strategis ini merupakan cara pencapaian Visi, Misi, dan tujuan Fakultas Teknik secara sistematik.